Berbagai Manfaat Ekstrak Temulawak untuk Tubuh

Berbagai Manfaat Ekstrak Temulawak untuk Tubuh

Manfaat temulawak bisa Anda dapatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Temulawak sendiri merupakan salah satu tanaman herbal asli Indonesia. Tanaman ini memiliki kulit berwarna kuning muda yang mirip dengan kunyit. Hanya saja temulawak memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kunyit. Tentu saja temulawak ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Manfaat ekstrak temulawak bahkan sudah dikenal sejak lama. Di bawah ini berbagai manfaatnya untuk tubuh yang bisa Anda ketahui:

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Anda tentu sudah tidak asing lagi jika temulawak sangat bermanfaat bagi pencernaan. Temulawak sendiri dapat membantu merangsang produksi carian empedu pada kantong empedu. Yang mana proses tersebut dapat membantu pencernaan dan metabolisme makanan di dalam tubuh. Manfaat lain yang bisa didapat adalah dapat mengatasi radang usus, melancarkan pencernaan, hingga menambah nafsu makan.

  1. Membantu mengobati kanker

Siapa yang menyangka jika temulawak bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kanker. Diantaranya seperti kanker usus, kanker prostat, hingga kanker payudara. Manfaat tersebut didapat dari bahan-bahan herbal yang ada pada kandungan temulawak termasuk kandungan anti oksidan yang ada.Berbagai Manfaat Ekstrak Temulawak untuk Tubuh

  1. Sebagai obat anti radang

Temulawak memiliki kandungan senyawa anti radang yang bisa menghambat produksi peradangan pada tubuh. Tidak heran jika kandungan anti radang dalam temulawak dapat membantu mengatasi penyakit peradangan. Salah satunya seperti peradangan pada sendi.

  1. Anti bakteri dan anti jamur

Temulawak juga mengandung berbagai senyawa anti bakteri dan anti jamur. Kedua kandungan yang ada dalam temulawak tersebut sangat efektif dalam membasmi bakteri penyebab bakteri dan jamur. Salah satunya seperti Salmonella hingga Staphylococcus.

  1. Menjaga kesehatan liver

Perlu Anda ketahui bahwa ekstrak temulawak memiliki manfaat yang dapat melindungi hati dari hepatotoksin. Hepatotoksin ini sendiri merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan efek buruk pada hati. Adapun hal tersebut diperoleh dari kandungan acetaminophen serta karbon tetraklorida. Oleh karena itu, temulawak bisa Anda jadikan sebagai bahan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan liver Anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari ekstrak temulawak untuk tubuh. Untuk itu, jangan ragu mengonsumsi temulawak agar tubuh senantiasa terjaga kesehatannya dan mendapatkan berbagai manfaat seperti di atas.